Popular Posts

Monday, June 24, 2013

GROOMING

GROOMING
Oleh ; Nia Tresnawaty,SE.,M.Ak

Sahabat,,kali ini saya akan membahas sesuatu yang berbeda dari postingan saya sebelumnya..Yah,,saya akan membahas sekilas mengenai GROOMING. Apa sebenarnya Grooming dan apa manfaat dari Grooming bagi kita. Baiklah,,sekarang kita akan membahasnya lebih lanjut.

Grooming, adalah serangkaian proses yang meliputi bagaimana cara seseorang membawa diri, berinteraksi dan berpenampilan dalam berbagai kesempatan sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan kesan profesional. Grooming bertujuan untuk menciptakan penampilan rapih,bersih dan profesional. Selain itu untuk meningkatkan rasa percaya diri,membangun antusiasme lawan bicara yang melakukan kontak secara langsung dengan kita, serta bagaimana kita dapat berkomunikasi secara profesional.
Dalam Grooming dikenal istilah "You Are What You Wear",artinya adalah apa yang kita kenakan akan menunjukkan siapa diri kita. Dalam hal ini tentunya bukan karena mahalnya baju yang kita kenakan,namun apapun yang kita kenakan lebih harus terlihat rapi,sopan dan bersih tentunya. Singkat kata, Grooming itu tidak lain adalah bagaimana kita berbusana dan berpenampilan dengan baik,rapih,sopan,bersih dan terlihat profesional.
Grooming memiliki rumus 5W + 1 H.
Who ( Siapa ), perimbangkanlah siapa yang akan kita temui
When ( Kapan ), pertimbangan dalam hal ini tentunya berkaitan dengan waktu, kapan kita akan bertemu dengan seseorang. Apakah di waktu pagi hari,siang hari, sore atau bahkan malam hari.
Where ( Dimana ), Untuk hal ini tentunya berkaitan dengan tempat. Dalam hal pertemuan bisnis tidak selalu harus berada di ruang meeting tertutup, tetapi bisa dipilih tempat yang lebih menarik. Untuk itu kita harus tau dimana kita akan bertemu dan tentunya harus menyesuaikan busana yang akan kita kenakan,sehingga tidak menimbulkan kesan salah konstum            ( bahasa gaulnya,Saltum )
What ( Apa ), ini sangat penting. Kenapa? karena kita harus tau acara apa yang akan kita hadiri dan tujuan  kita hadir dalam acara tersebut. Ini berguna untuk menyesuaikan diri kita untuk menempatkan posisi dan berbusana yang baik.
Why ( Mengapa ), pertanyaan yang simpel namun sangat penting. Mengapa kita harus hadir dalam pertemuan atau acara tersebut? berbusana lah yang baik dan sesuai.
How ( Bagaimana), Bagaimana cara berbusana yang baik sangat penting diperhatikan,terutama oleh para pebisnis dan kaum profesional.
Sehingga siapapun orang yang melihat kita akan meninggalkan kesan yang baik. Kesan pertama (First Impression) akan timbul pada 5 menit pertama ketika kita bertemu dengan seseorang, hal ini yang akan menimbulkan efek Moment of Truth.  Sahabat,,Moment of Truth itu dapat diciptakan dengan cara Berpenampilan yang baik, Memiliki sopan santun ( etika ), Kepercayaan diri, Pengetahuan dan Keterampilan.
Grooming memiliki Peta tersendiri yang dikenal dengan rumus 3V + 1 E,,,waahhh rumus apa lagi yah ini ? Yup,,,rumus ini mengandung beberapa unsur yang harus diperhatikan agar kita terlihat Well Groomed.
VERBAL, mengandung beberapa hal yaitu Kosa kata ( pilihlah kata-kata yang mengesankan profesional), Tata Bahasa (gunakan tata bahasa yang baik dan benar dan jangan menggunakan bahasa gaul jika dalam pertemuan bisnis), Gunakan istilah bahasa asing yang benar ( latihlah lidah kita untuk mengucapkan kata-kata dalam istilah bahasa asing),
VOKAL,  mencakup suara, intonansi, lafal, kecepatan dan antusiasme sehingga apapun yang kita bicarakan akan terdengar dengan baik dan membuat lawan bicara kita terasa nyaman.
VISUAL, jagalah selalu kontak mata dengan lawan bicara dan ciptakan pikiran yang positif serta jangan sekali-kali berbicara dengan menundukkan kepala, kemudian berkespresilah dengan senyum yang bersahabat dan tunjukkan sikap antusias dan hindari ekspresi yang negatif ( sombong,sinis,angkuh,dsb). Selain itu tunjukkan gerak tubuh yang baik (jangan bertolak pinggang,menggaruk-garuk,duduk di meja,dsb). Yang terakhir adalah penampilan,sesuaikan bentuk tubuh dengan busana yang kita kenakan. Hal ini akan membuat lawan bicara kita terasa nyaman berbicara langsung dengan kita.
ETIKA. Dalam hal apapaun tentunya etika tidak boleh ditinggalkan. Etika yang saya maksud disini adalah tata bicara secara profesional ( jika pertemuannya adalah pertemuan bisnis dan formal ).
Sahabatku,,,ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan dalam berinteraksi dengan kolega,nasabah atau klien kita, diantaranya: 
1. Jabatlah tangan dengan erat ketika bertemu, ini menandakan kita adalah orang yg hangat,bersahabat dan antusias
2. Menjaga kontak mata
3. Menjaga jarak bicara dengan mengingat comfort zone masing-masing
4. Sesekali indikasikan kepada lawan bicara bahwa anda menyimaknya dengan cara menganggukan kepala misalnya.
5. Pastikan kedua tangan anda tidak terlipat didepan dada
6. lakukan hal berikut ; Talk Slow and Think fast.
Demikinlah artikel ini saya tulis semoga dapat bermanfaat untuk rekan-rekan dan sahabat-sahabatku dimanapun berada. Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya di lapangan,karena saya sering bertemu dengan begitu banyak orang dan begitu banyak karakter yang saya temui...
Salam Sukses dan Salam Hangat....



No comments:

Post a Comment