Popular Posts

Friday, June 21, 2013

IFRS ( Ruang Lingkup, Pemicu dan Perlakuan Akuntansi )

IFRS
( Ruang Lingkup, Pemicu dan Perlakuan Akuntansi )
Oleh; 
Nia Tresnawaty, SE., M.Ak

IASs ( International Accounting Standards ) merupakan standar akuntansi yang pada awalnya dikeluarkan oleh International Standards Committee dan kemudian diadopsi oleh penggantinya yaitu IASB ( International Accounting Boards ). Sampai tahun 2005, IASB telah menerbitkan 41 International Accounting Standards, dan standar-standar yang masih ada tetap diberi nama IASs. Akan tetapi IASs berada di bawah suatu judul umum yaitu International Financial Reporting Standards ( IFRSs ).
IFRS adalah standar pelaporan keuangan internasional merupakan satu set standar akuntansi yang dikembangkan oleh badan standar akuntansi internasional IASB, yang menjadi standar global untuk penyusunan laporan keuangan perusahaan publik. IASB adalah badan standar akuntansi independen, yang berbasis di London, yang tidak terafiliasi dengan AICPA.
A.   Masalah yang dibahas
Tujuan dari standar ini adalah untuk memastikan bahwa laporan keuangan dan laporan keuangan interim perusahaan untuk periode-periode yang dimaksudkan dalam laporan keuangan tahunan, yang dibuat pertama kalinya sesuai IFRS mengandung informasi berkualitas tinggi yang :
1.       Transparan bagi para pengguna dan dapat dibandingkan sepanjang seluruh periode yang disajikan,
2.       Menyediakan titik awal yang memadai untuk akuntansi yang berdasarkan pada IFRS , dan
3.   Dapat dihasilkan dengan biaya yang tidak melebihi manfaat untuk para pengguna.
B.    Ruang lingkup standar
Standar ini berlaku apabila sebuah perusahaan menerapkan IFRS untuk pertama kalinya melalui suatu pernyataan eksplisit dan tanpa syarat tentang kesesuaian dengan IFRS. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan yang pertama kali berdasarkan IFRS ( termasuk laporan keuangan interim untuk periode pelaporan tertentu ) menyediakan titik awal yang memadai dan transparan kepada para pengguna dan dapat dibandingkan sepanjang seluruh periode yang disajikan.
C.   Konsep pokok
1. Tanggal pelaporan, adalah tanggal neraca untuk laporan keuangan pertama yang secara eksplisit menyatakan bahwa laporan keuangan tersebut sesuai dengan IFRS
2.   Tanggal transisi, adalah tanggal neraca awal untuk laporan keuangan komparatif tahun sebelumnya…( Berlanjut ke IFRS Lanjutan )

No comments:

Post a Comment