SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN
Oleh ;
Nia Tresnawaty,SE.,M.Ak
Sistem pembelian digunakan dalam perusahaan untuk pengadaan
barang yang diperlukan perusahaan. Sistem pembelian dirancang untuk menangani
kredit. Kegiatan pembelian dimulai dengan mengajukan permintaan pembelian,
kemudian dilanjutkan dengan permintaan penawaran harga dan pemilihan pemasok,
pengiriman order pembelian kepada pemasok terpilih, penerimaan barang yang
dibeli, pencatatan hutang yang timbul dari transaksi pembelian dan berakhir
dengan distribusi pembelian.
SISTEM PEMBELIAN
Sistem pembelian digunakan dalam perusahaan, untuk pengadaan
barang yang diperlukan oleh perusahaan. Transaksi pembelian dapat digolongkan
menjadi 2, yakni pembelian lokal dan impor. Informasi yang diperlukan oleh
manajemen dari kegiatan pembelian;
a. Jenis Perusahaan yang yang telah
mencapai titik pemesanan kembali (reorder point)
b. Order pembelian yang telah dikirim
kepada pemasok
c. Order pembelian yang telah
dipenuhi oleh pemasok
d. Total saldo hutang dagang pada
tanggal tertentu
e. Saldo hutang dagang kepada pemasok
tertentu
f. Tambahan kuantitas dan harga
pokok persediaan dari pembelian
Dokumen yang dipergunakan dalam sistem pembelian :
Surat permintaan pembelian (SPP), Surat Permintaan Penawaran Harga (SPPH),
Surat order Pembelian (PO), Laporan penerimaan barang (LPB), Surat perubahan
order, Bukti kas keluar
Catatan akuntansi yang dipergunakan dalam sistem pembelian;
Register bukti kas keluar, Jurnal Pembelian, Kartu Hutang, Kartu persediaan.
SISTEM RETUR PEMBELIAN
Sistem retur pembelian digunakan dalam perusahaan, untuk
pengembalian barang yang sudah dibeli. Barang yang sudah diterima dari pemasok
adakalanya tidak sesuai dengan barang yang dipesan menurut order
pembelian. Ketidak sesuaian tersebut terjadi kemungkian karena :
a. barang yang diterima tidak cocok
dengan spesifikasi yang tercantum dalam order pembelian,
b. barang mengalami kerusakan dalam
pengiriman
c. barang diterima melewati tanggal
yang dijanjikan pemasok.
Sistem retur pembelian dipergunakan dalam perusahaan untuk
mengembalikan barang yang sudah dibeli kepada pemasoknya.
Dokumen yang dipergunakan : Memo Debit, Laporan
Pengiriman barang
Catatan Akuntansi yang dipergunakan dalam sistem retur
pembelian; Jurnal retur pembelian (jurnal umum), Kartu persediaan, Kartu
Hutang.
No comments:
Post a Comment