Popular Posts

Friday, June 21, 2013

SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN

SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN
Oleh ; 
Nia Tresnawaty,SE.,M.Ak

Sistem pembelian digunakan dalam perusahaan untuk pengadaan barang yang diperlukan perusahaan. Sistem pembelian dirancang untuk menangani kredit. Kegiatan pembelian dimulai dengan mengajukan permintaan pembelian, kemudian dilanjutkan dengan permintaan penawaran harga dan pemilihan pemasok, pengiriman order pembelian kepada pemasok terpilih, penerimaan barang yang dibeli, pencatatan hutang yang timbul dari transaksi pembelian dan berakhir dengan distribusi pembelian.

SISTEM PEMBELIAN
Sistem pembelian digunakan dalam perusahaan, untuk pengadaan barang yang diperlukan oleh perusahaan. Transaksi pembelian dapat digolongkan menjadi 2, yakni pembelian lokal dan impor. Informasi yang diperlukan oleh manajemen dari kegiatan pembelian;
a.    Jenis Perusahaan yang yang telah mencapai titik pemesanan kembali (reorder point)
b.    Order pembelian yang telah dikirim kepada pemasok
c.    Order pembelian yang telah dipenuhi oleh pemasok
d.    Total saldo hutang dagang pada tanggal tertentu
e.    Saldo hutang dagang kepada pemasok tertentu
f.     Tambahan kuantitas dan harga pokok persediaan dari pembelian
Dokumen yang dipergunakan dalam sistem pembelian : Surat permintaan pembelian (SPP), Surat Permintaan Penawaran Harga (SPPH), Surat order Pembelian (PO), Laporan penerimaan barang (LPB), Surat perubahan order, Bukti kas keluar
Catatan akuntansi yang dipergunakan dalam sistem pembelian; Register bukti kas keluar, Jurnal Pembelian, Kartu Hutang, Kartu persediaan.

SISTEM RETUR PEMBELIAN
Sistem retur pembelian digunakan dalam perusahaan, untuk pengembalian barang yang sudah dibeli. Barang yang sudah diterima dari pemasok adakalanya tidak sesuai dengan barang yang dipesan menurut order pembelian. Ketidak sesuaian tersebut terjadi kemungkian karena :
a.    barang yang diterima tidak cocok dengan spesifikasi yang tercantum dalam order pembelian,
b.    barang mengalami kerusakan dalam pengiriman
c.    barang diterima melewati tanggal yang dijanjikan pemasok.
Sistem retur pembelian dipergunakan dalam perusahaan untuk mengembalikan barang yang sudah dibeli kepada pemasoknya.
Dokumen yang dipergunakan : Memo Debit, Laporan Pengiriman barang

Catatan Akuntansi yang dipergunakan dalam sistem retur pembelian; Jurnal retur pembelian (jurnal umum), Kartu persediaan, Kartu Hutang.

No comments:

Post a Comment